header

PERSIAPAN INTEROPERABILITAS DATA NAR ILI/SARI DALAM PLATFORM SATU SEHAT SEBAGAI KEWASPAADAAN DINI WABAH PASCA COVID-19

PERSIAPAN INTEROPERABILITAS DATA NAR ILI/SARI DALAM PLATFORM SATU SEHAT SEBAGAI KEWASPAADAAN DINI WABAH PASCA COVID-19

PERSIAPAN INTEROPERABILITAS DATA NAR ILI/SARI DALAM PLATFORM SATU SEHAT SEBAGAI KEWASPAADAAN DINI WABAH PASCA COVID-19

Surabaya – Berkomitmen untuk peningkatan surveilans sentinel ILI-SARI melalui standarisasi data ILI-SARI, termasuk interoperabilitas data NAR ILI-SARI dengan platform SATUSEHAT, pada 20 Desember 2023 tim pemrakarsa hadir di BBTKLPP Surabaya. Pemrakarsa yang berasal dari Direktorat P2PM Ditjen P2P, USAID Country Health Information System and Data Use (CHISU), Pusat Data dan Informasi, dan DTO menyampaikan tujuan pertemuan mencakup pengujian keamanan dan penyelesaian masalah untuk Generic FHIR Mediator serta NAR sebelum diterapkan dalam SatuSehat secara langsung di Rumah Sakit Sentinel di RSSA Malang, serta di Laboratorium yaitu BBTKLPP Surabaya.

Pada kesempatan tersebut dari BBTKLPP Surabaya hadir Koordinator TU, Subs Koordinator Pengembangan Teknologi Laboratorium, laboratorium pemeriksa ILI/SARI dan operator NAR. Dibahas mengenai berbagai pengembangan aplikasi, uji coba, serta finalisasi penggunaan NAR di Laboratorium. Harapannya dapat dilakukan uji keamanan dan penyelesaikan masalah pada mediator FHIR Generik, NAR, demonstrasi penggunaan NAR untuk kasus SARI, yang pada akhirnya Mediator Generik FHIR dapat berfungsi optimal sehingga mampu menyediakan interoperabilitas antara NAR ILI-SARI ke platform SATUSEHAT, termasuk Portal RME.

Kegiatan ini sendiri merupakan kelanjutan dari keberhasilan melakukan interoperabilitas data NAR Influenza Like Illness (NAR-ILI) dengan platform SATUSEHAT di Puskesmas Sudiang Kota Makassar dan Laboratorium Nasional Penyakit Infeksi Prof. dr. Sri Oemijati.

Pengujian NAR SARI yang merupakan inisiatif Direktorat P2PM ini ingin memastikan bahwa NAR SARI telah siap sepenuhnya untuk digunakan pada awal Januari 2024. Direktorat P2PM-ISPA sendiri berinisiatif untuk melembagakan NAR sebagai sistem informasi yang digunakan untuk pengumpulan dan pelaporan kasus ILI-SARI, sebagai upaya kewaspadaan dini pandemi influenza pasca COVID-19.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker. Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 34.239.170.244

  • Online : 1250

  • Hari ini : 2642

  • Kemarin : 14596

  • Bulan ini : 71605

  • Tahun ini : 161791

  • Total : 268731

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2024