header

UPAYA PENINGKATAN KEWASPADAAN DINI LEGIONELLA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT JADI REKOMENDASI SURVEILANS BBTKLPP SURABAYA

UPAYA PENINGKATAN KEWASPADAAN DINI LEGIONELLA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT JADI REKOMENDASI SURVEILANS BBTKLPP SURABAYA

UPAYA PENINGKATAN KEWASPADAAN DINI LEGIONELLA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT JADI REKOMENDASI SURVEILANS BBTKLPP SURABAYA

Lombok Barat – Sebagai rangkaian surveilans faktor risiko Legionellosis di Kabupaten Lombok Barat yang dimulai pada September 2023 lalu, Kepala BBTKLPP Surabaya bersama Tim Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan, pada 16 November menyelenggarakan diseminasi informasi hasil surveilans berbasis laboratorium faktor risiko Legionellosis. Diselenggarakan di Holiday Resort Lombok, disampikan hasil surveilans pada empat hotel kawasan Senggigi yang kerap dijadikan akomodasi para wisatawan. Surveilans dilakukan dengan pemeriksaan pada tiga titik sampling di tandon, kolam renang, dan swab shower. Sampel diperiksa parameter fisika, kimia, mikrobiologi, termasuk pemeriksaan PCR Legionella. Hasilnya memenuhi batas syarat pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2 tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan PP Nomor 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan, kecuali tingkat keasaman pada kolam renang salah satu hotel. Dari sisi pemeriksaan mikrobiologi metode PCR, Legionella sp., ditemukan pada shower dan ground tank di semua hotel namun bukan tipe yang dapat menyebabkan penyakit Legionella Pneumophilla.

Terkait hasil surveilans berbasis laboratorium tersebut, tim menyampaikan rekomendasi terkait upaya-upaya kewaspadaan dini kejadian penyakit Legionella. Diantara rekomendasi yang disampaikan yaitu peningkatan surveilans faktor risiko Legionellosis di hotel - hotel seluruh Kabupaten Lombok Barat, kewaspadaan dini terhadap Legionella pneumophila, serta pengendalian faktor risiko oleh pihak hotel dengan bimbingan Dinas Kesehatan Kabupaten, Dinas Pariwisata, dan PHRI. Selain itu, pihak manajemen hotel perlu disarankan untuk menyelenggarakan pelatihan Legionellosis bagi petugas hotel dan melakukan monitoring serta evaluasi pelaksanaan pengendalian Legionellosis secara berkala.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com.

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 44.223.39.67

  • Online : 1133

  • Hari ini : 8331

  • Kemarin : 26070

  • Bulan ini : 63513

  • Tahun ini : 144365

  • Total : 252906

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2024